Cara Menggunakan Titanium Backup untuk Android

3 min read

Smartphone yang digunakan setiap hari biasanya menyebabkan munculnya masalah seperti smartphone mengalami bootloop, hang dan lainnya. Salah satu solusi yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengembalikan perangkat smartphone ke setelan pengaturan pabrik. Hanya saja, proses tersebut menyebabkan data dan file dalam perangkat hilang dan terhapus secara otomatis. Sehingga untuk mengatasinya diperlukan aplikasi backup data untuk membackup seluruh aplikasi yang ada,  salah satu jenis aplikasi yang dapat digunakan yaitu Titanium Backup.

Apa itu Titanium Backup?

Titanium Backup adalah aplikasi yang dapat melakukan proses backup aplikasi termasuk data seperti data pada sistem android hingga lupa kata sandi dan tersimpan di smartphone perangkat android. App Titanium Backup merupakan salah satu jenis aplikasi yang sudah lama bahkan sejak kemunculan Android.

Aplikasi Titanium Backup menjadi salah satu aplikasi backup data yang sangat populer dikalangan pengguna smartphone android, terutama oleh para developer. Hal ini karena aplikasi ini memiliki kemampuan yang mumpuni untuk melakukan proses backup data atau aplikasi di android.

Pada aplikasi Titanium Backup ini memiliki kemampuan terbaik untuk membackup data dengan dibekali penyimpanan yang tidak terbatas, pembuka aplikasi serta pembaruan. Titanium Backup juga dapat mensinkronkan data dengan dropbox Google atau berbagai penyedia cloud lainnya. Serta fitur ada “Market Doctor” yang dapat digunakan untuk menghubungkan atau memutus aplikasi ke Playstore hanya menggunakan 1 jenis tombol saja.

Namun untuk menggunakan app Titanium Backup Pro, pengguna perlu melakukan proses root pada android. Root adalah proses dimana pemilik perangkat dapat melakukan akses penuh terhadap smartphone. Seperti melakukan kepentingan apapun termasuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak bisa dilakukan pada perangkat smartphone yang tidak memiliki akses root.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan root pada perangkat android anda. Ada beberapa aplikasi yang dapat anda gunakan untuk melakukan root yaitu dengan menggunakan RootKing dan Towelroot. Setelah menggunakan akses root, anda bisa langsung menggunakan aplikasi Titanium Backup untuk mengelola aplikasi. Seperti sebagai aplikasi pelindung dan aplikasi sistem yang biasanya tidak bisa dihapus dari perangkat android.

Cara Menggunakan Aplikasi Titanium Backup Pro

Bagi pengguna baru Titanium Backup, pasti menganggap tampilan interface Titanium Backup memang tidak begitu menarik. Karena memang aplikasi ini memiliki tema background berwarna hitam. Tapi tahukah anda, jika dibalik tampilan tema yang membuat tidak nyaman, Titanium Backup memiliki fungsi yang mumpuni untuk perangkat android anda.

Titanium Backup memiliki fungsi untuk melakukan backup dan restore data pada perangkat android yang juga dapat pula untuk melakukan backup data secara banyak sekalian. Proses backup data ini sangat berguna untuk menghemat waktu, karena proses backup aplikasi dapat dilakukan sekaligus banyak.

Untuk menggunakan Titanium Backup, pengguna dapat klik tombol Menu atau ikon dibagian kiri atas layar Titanium backup, lalu pilih opsi “Batch actions” pada bagian bawah “General” di titanium backup. Perhatikan gambar diatas.

Anda juga dapat memilih berbagai macam pilihan yang digunakan untuk proses backup data aplikasi dan sistem. Yang termasuk Data sistem meliputi Bookmark, password WiFi,  dll.

Scheduled Titanium Backup Pro

Dengan aplikasi Titanium Backup, pengguna dapat melakukan proses backup data dan file dengan rutin dan secara otomatis dengan cara mengatur jadwal kapan aplikasi titanium backup akan melakukan backup data secara otomatis. Proses jadwal titanium backup dapat dilakukan dengan buka menu utama, pilih “Schedules”, maka akan muncul dua pilihan.

Pilih 1, redo backups for modified data digunakan untuk menjadwal backup hanya dilakukan untuk backup data pada aplikasi yang telah diubah sejak backup terakhir kali.

Atau pilih 2, backup new user+system apps & newer versions digunakan untuk melakukan backup data sistem ,aplikasi baru,dan pembaruan sejak hari pembaruan sebelumnya.

Selanjutnya klik ‘edit’ untuk membuat melakukan perubahan kapan jadwal titanium backup melakukan backup.

Hanya saja fitur ini hanya dapat dinikmati oleh aplikasi Titanium Backup versi Pro atau berbayar.

Restore Data Menggunakan Titanium Backup Pro

Dengan aplikasi Titanium Backup Pro, pengguna juga dapat melakukan restore/memulihkan data aplikasi secara banyak. Untuk melakukan proses restore, gunakan pilihan “Restore missing apps with data“, dan akan muncul beberapa pilihan pemulihan seperti hanya memulihkan data aplikasi saja atau hanya memulihkan data dan aplikasi.

Jika anda pilih untuk memulihkan data aplikasi, maka hasil backup aplikasi akan mengikuti versi pada hasil backup. Sedangkan jika pilih pulihkan aplikasi + semua sistem data. Maka hasil Titanium Backup akan mengembalikan semua ke data dan aplikasi disaat anda membuat backup. Namun perlu diperhatikan, anda tidak diijinkan melakukan restore data sistem jika anda telah mengganti ROM. Karena proses ini dapat menyebabkan tabrakan sistem sehingga membuat sistem pada perangkat android menjadi terganggu.

Menyimpan File Backup melalui Google Drive dan Dropbox

Di versi Titanium Backup Pro, pengguna akan mendapatkan fitur yang bisa digunakan untuk mengirim data backup melalui banyak layanan online, seperti Dropbox & Google Drive untuk dapat di upload. Cara ini dapat digunakan ketika perangkat mengalami kesalahan pada SD card atau lainnya. Cara untuk mengaktifkan sinkronisasi ke Dropbox dan Google Drive, yaitu dengan tap tombol menu android dan pilih “Preferensi“, lalu pilih  “pengaturan sinkronisasi cloud“.

Keunggulan Titanium Backup Pro

Keuntungan menggunakan aplikasi Titanium Backup Pro ini yaitu. Anda dapat melakukan Restore Aplikasi dan data jika sewaktu-waktu perangkat android anda mengalami bootloop atau masalah lain. Yang menyebabkan android anda kehilangan data. Berikut ini beberapa keunggulan Titanium Backup Pro, antara lain:

  • Karena aplikasi Titanium Backup Pro memiliki ukuran ringan dan friendly, sehingga mudah untuk digunakan.
  • Titanium Backup Pro memiliki memiliki kemampuan mumpuni untuk melakukan backup data dan aplikasi di perangkat android.
  • Pada titanium Backup Pro memiliki dapat melakukan restore data dan aplikasi ketika android dalam masalah bootloop.
  • Aplikasi Titanium Backup Pro memiliki sudah banyak digunakan oleh para developer sehingga sudah tentu aplikasi ini memiliki kualitas baik untuk digunakan.

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Menggunakan Titanium Backup untuk Android. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan ikuti postingan lainnya.