Cara Mudah Mematikan Fitur Update Otomatis Secara Permanen di Windows 10

2 min read

Windows 10 merupakan sistem operasi versi terakhir yang dikeluarkan oleh Microsoft dengan berbagai fitur keren dan terbaik. Namun disamping itu, terdapat satu problem yang sangat mengganggu dari OS ini yaitu adanya fitur Automatic Update di Windows 10 yang tidak bisa dimatikansecara defaul , khususnya pada versi Windows 10 Home. Bagi anda yang memiliki kuota internet Unlimited, tentunya akan baik-baik saja, namun bagi pemilik kuota internet pas-pasan, update otomatis ini pasti membuat mereka keberatan karena akan menguras kuota besar secara cuma-cuma. Untuk itu mereka membutuhkan cara ampuh untuk Mematikan Fitur Update Otomatis Windows 10 Secara Permanen.

Proses update dari Microsoft cukup penting untuk perbaikan pubs, peningkatan fungsionalitas fitur, atau patch security. Meskipun termasuk jenis inovasi dan perbaikan, tidak seluruh pengguna Windows 10 dapat menikmati fitur tersebut karena beberapa alasan seperti aplikasi atau fitur pembaruan tidak sesuai dengan yang ada pada perangkat komputer atau karena fitur tidak dapat dioperasikan. Karena itu banyak pengguna yang berusaha untuk pada windows 10.

Tujuan dinonaktifkannya fitur update otomatis ini untuk mencegah windows 10 melakukan update otomatis serta pengguna dapat mengatur sendiri jenis aplikasi atau fitur yang ingin diupdate. Serta untuk menghemat kuota karena pembaruan sistem membutuhkan kuota yang cukup besar. Untuk itu, berikut ini kami akan memberikan cara mematikan fitur update otomatis pada windows 10. Lebih jelasnya perhatikan cara dibawah ini.

Cara Mematikan Fitur Update Otomatis Windows 10


Disable Windows Update

Cara ini bukanlah untuk menonaktifkan update otomatis secara permanen, namun teknik ini dapat dilakukan untuk menonaktifkan update otomatis selama 35 hari, dan pengguna harus mengunduh Update setelah periode tersebut berakhir jika masih ingin menghentikan update otomatis selanjutnya. Teknik atau cara menonaktifkan update otomatis ini yaitu:

Buka Control Panel dengan klik kanan start menu lalu pilih Control Panel.


Pilih System and Security lalu klik Administrative Tools.


Lalu pilih Service , lalu cari dan klik dua kali pada Windows Update.

Selanjutnya pilih Startup type lalu jadikan Disabled, selanjutnya klik tombol Stop pada pilihan Service status. Pilih OK.

Sedangkan untuk mengaktifkan kembali update otomatis, lakukan cara yang sama dan pilih enable serta non-aktifkan tool Stop dan pilih OK.


Disable Melalui Metered Connection

Cara ini hanya bisa dilakukan ketika komputer atau laptop terhubung oleh jaringan WiFi.

Klik kanan WiFi, lalu pilih properties.


Selanjutnya muncul kotak Slide Bar lalu pilih Set as metered connection.

Maka akan muncul kotak perintah, lalu ubah tools pada Set as metered connection ubah menjadi Off.

Sedangkan untuk mengaktifkan kembali update otomatis, lakukan cara yang sama lalu pilih Set as metered connection ubah menjadi On.


Disable Melalui Configure Automatic Updates

Cara ini hanya dapat diterapkan jika anda menggunakan Windows 10 versi Professional, Enterprise, dan Education.

Klik logo Windows pada keyboard + R, dan ketik gpedit.msc dan klik OK


Pilih Computer Configuration dan klik Admitistrative Templates


Klik Windows Components,  pilih Windows Update


Klik dua kali Configure Automatic Updates, lalu pilih Disabled dan OK.

Sedangkan untuk mengaktifkan kembali update otomatis, lakukan cara yang sama lalu ganti dengan Enabled kembali pada Configure Automatic Updates.


Disable Melalui Defer Upgrade

Defer Upgrade adalah cara untuk mematikan update otomatis Windows 10 selama maksimal delapan bulan. Kelebihan dari cara ini, anda masih mendapatkan patch security sehingga Windows 10 tetap aman. Berikut cara menonaktifkan update otomatis Windows 10 melalui Defer Upgrade.

Open Windows Update , pilih Advanced Options


Lalu muncul jendela Configure automatic update, pilih Enabled.

Namun cara ini hanya bisa dilakukan pada windows 10 Pro saja, bagi pengguna Windows 10 Home tidak dapat melakukan cara ini.


Disable Melalui Services Windows Update

Dengan cara ini maka update otomatis Windows 10 akan mati total juga termasuk pada update untuk patch security. Karena itu, ketika komputer atau laptop sedang terhubung dengan kuota unlimited, sebaiknya segera lakukan update agar Windows 10 tetap secure dan optimal. Berikut cara disable update otomatis Windows 10 melalui services windows update.

Terlebih dahulu buka Services


Lalu cari Windos Update – Klik kanan – pilih Properties


Selanjutnya Stop Windows Update Services dan ubah opsi Startup type ke Disabled.

Karena itu perlu diperhatikan, mematikan windows update dengan cara ini membuat anda tidak dapat menggunakan Store dan tidak dapat melakukan download Modern Apps.

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Mudah Mematikan Fitur Update Otomatis Windows 10 Secara Permanen . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan ikuti postingan lainnya.