Tutorial LENGKAP Cara Install Windows 10 dengan Gambar

2 min read

Windows 10 adalah sistem operasi dari Microsoft yang menjadi sistem operasi terakhir, karena Microsoft mengatakan tidak lagi merilis OS baru lagi, namun mereka akan terus memberikan berbagai update fitur terhadap windows 10. Dengan adanya sistem operasi terbaru sudah tentu banyak pengguna komputer atau laptop yang berramai-ramai melakukan upgrade dari sistem operasi lama mereka ke windows 10. Hal ini wajar terjadi, karena Windows 10 memang menawarkan berbagai fitur lebih canggih dari sebelumnya dengan tampilan yang sangan elegan dan keren.

Windows 10 memiliki perpaduan tampilan antara Windows 7 dan Windows 8, selain itu cara install Windows 10 juga hampir mirip dengan cara install Windows 8. Namun agar lebih memudahkan pengguna, kali ini kita akan memberikan tutorial lengkap tentang Cara Install Windows 10 dengan Gambar.

Cara Install Windows 10

Sebelum melakukan proses instalasi, terlebih dahulu penuhi persyaratan umum dibawah ini untuk memudahkan proses penginstalan, khususnya bagi pemula. Spesifikasi minimum yang diperlukan untuk mengisntall Windows 10:

OS terbaru : pastikan anda telah menggunakan OS terbaru seperti Win 7 atau Win 8.
Processor : 1 Gigahertz (GHz) atau processor lebih tinggi atau SoC.
RAM : 1 GigaByte (GB) untuk 32-bit atau 2 GB untuk 64-bit.
Harddisk Space : 16GB untuk 32-bit atau 20GB untuk 64-bit.
Graphics Card : Mendukung DirectX 9 atau yang lebih baru dengan WDDM 1.0 driver.
Display : 800×600 pixel.

Tahap Persiapan

  • Terlebih dahulu siapkan DVD installer windows 10, karena tutorial kali ini menggunakan DVD sebagai media instalasinya.
  • Setelah itu terlebih dahulu boot device priority pada menu BIOS.
  • Jika anda menggunakan Laptop, maka siapkan charger jangan sampai baterai habsi ketika sedang melakukan instalasi.
  • Tahap install ini memakan waktu yang cukup lama, maka anda harus bersabar.

Tutorial Install Windows 10

Langkah pertama, hidupkan komputer atau Laptop, jika melakukan install dengan Flashdisk untuk media instalasi, maka terlebih dahulu masukan Flashdisk sebelum PC hidupkan, agar terdeteksi sama PC. Namun karena kali ini kita menggunakan DVD sebagai media instalasi, maka langsung hidupkan komputer atau Laptop.

Lalu atur “Boot” atau “Booting” Pertama di Menu BIOS atau UEFI dengan menekan tombol “Del” secara terus-menerus dengan cepat saat menyalakan PC. Namun tidak seluruh komputer atau laptop yang menggunakan tombol DEL untuk bisa masuk ke menu BIOS, beberapa tombol yang umum digunakan untuk masuk BIOS seperti F1F2, atau Fn+F2 tergantung manufacturernya. Selanjutnya untuk pindah ke tab Boot gunakan tombol ◄ ►.

Pada gambar dibawah ini, terlihat Hard Drive berada pada bagian urutan paling atas, ini menunjukkan bahwa booting pertama kali dapat dilakukan dari Hard Drive.

Lalu agar proses booting pertama kali dilakukan dari DVD, pindahkan CD-ROM Drive ke bagian atas dengan geser menggunakan tombol +/ – .

Selanjutnya masukkan DVD installer windows 10 ke DVDROM, lalu simpan hasil setting BIOS dengan menekan tombol F10 lalu pilih Yes.

Proses Instalasi Windows 10

Setelah proses setting BIOS, selanjutnya lakukan proses instalasi. Tekan pada sembarang tombol untuk proses instalasi, jika muncul proses seperti dibawah ini jangan menekan tombol apapun, karena proses ini merupakan proses awal instalasi.

Selanjutnya pilih Indonesian (Indonesia) pada jendela Time and currency format, untuk lainnya seperti Language to install dan Keyboard or input method biarkan secara default.

Selanjutnya lalu pilih Install now.

Setelah itu Masukan “Product Key” pada jendela windows 10.

Lalu centang pada I accept the license terms, dan pilih Next untuk  proses instalasi selanjutnya.

Lalu pilih Custom: Install Windows only (advanced). Langkah ini merupakan prosedur “Clean Install” dan selanjutnya mulai instalasi dari awal agar sistem operasi terbebas dan bersih dari virus.

Selanjutnya atur partisi yang bertujuan untuk memilih proses penginstalan sistem sesuai dengan keinginan pengguna. Tapi perlu diingat, pada partisi sistem operasi yang sebelumnya terlebih dahulu harus dihapus dengan cara menekan “Delete” lalu ganti dengan partisi baru. Anda bisa menggunakan kursor mouse yang di atur pada partisi tertentu.

  • “New” untuk membuat Partisi baru.
  • “Delete” untuk menghapus Partisi.
  • “Format” untuk format Partisi.

Selalu pastikan partisi yang berisi data penting agar tidak terhapus. Ini merupakan langkah penting dan harus hati-hati, bila perlu anda dapat menyimpan terlebih dahulu data penting pada tempat lain yang lebih aman dan ulangi prosesnya dari awal.

Setelah itu atur pada partisi yang pengguna ingeinkan untuk memulai proses instalasi windows dengan yang baru lalu klik Next untuk proses selanjutnya.

Selanjutnya proses instalasi secara otomatis akan mulai berjalan.

Proses ini biasanya memakan waktu cukup lama sekitar 30 menitan, dan nantinya komputer atau laptop akan restart sendiri berulang kali yang merupakan bagian dari proses instalasi windows 10, dan jika muncul perintah “press any key…” pastikan anda jangan menekan tombol apapun.

Proses Selanjutnya …

Selanjutnya pilih bahasa sesuai dengan lokasi anda, pilih Indonesia.

Untuk layout keyboard yang digunakan, pilih saja US.

Pilih Skip untuk opsi second layout.

Jika kita menggunakan komputer atau laptop untuk keperluan pribadi, maka pilih Set up for personal use kemudian pilih Next.

Selanjutnya masuk login ke akun Microsof, jika belum punya. Maka pilih Offline account.

Jika anda dihadapkan pada tampilan berikut ini, pilih No.

Masukkan nama komputer / laptop anda, kemudian pilih Next.

Agar tidak ada sembarang orang yang mengakses komputer atau laptop anda, maka beri password. Lalu klik Next untuk selanjutnya.

Pada perintah selanjutnya klik No.

Pilih No untuk semua opsi pengaturan privacy, kemudian pilih Accept.

Proses Instalasi selesai, selamat anda berhasil melakukan proses instalasi windows 10.

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Install Windows 10 . Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan ikuti postingan lainnya.